Langsung ke konten utama

menjadi orang KREATIF, memang Perintah-Nya?

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah kajian agama yang pernah saya ikuti.

Kajian ketika itu adalah tentang bagaimana menghadapi masalah dan ujian dari Allah. 
Allah pasti akan menguji keimanan manusia dengan berbagai cobaan, baik menyenangkan atau menyedihkan. Karena itu ujian tersebut (khususnya berupa  masalah) gak akan bisa dihindar. Yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapinya. 

Berdasarkan surat QS:65 At-Thalaq ayat 2-3, "....Barangsiapa bertakwa pada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,  dan dia memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya, dan barang siapa bertawakal pada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. " 

Diatas bisa kita lihat, atau dengan bahasa gampangnya, 
Kalau kita ada  MASALAH ( masalah sehari-hari)  SOLUSINYA adalah TAQWA. 
Dengan TAQWA nanti Allah akan ngasih solusi dari ARAH YANG TIDAK DISANGKA-SANGKA

Nah sang penceramah menjelaskan bahwa karena Allah akan mengasih SOLUSI (tentunya setelah kita usaha yg kita bisa, taqwa dll) dari arah yang tidak disangka-sangka, ia menambahkan bahwa kita perlu untuk berusaha dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita coba sebelumnya (tentunya yang tidak melanggar syariat). 

Saya buat simulasi sederhana, ambil contoh kasus misalnya si X butuh penghasilan, maka ia menjadi  pengusaha dan jualan berbagai produk A, B, C. 

pada Gambar A, merupakan kondisi idealnya. Ia jualan B saja, ia tetep berusaha untuk menaikkan penjualan B maka, B laku dan masalah penghasilan si X bisa terpenuhi. 



pada Gambar B, merupakan kondisi ketika Allah memberikan jalan yang tidak disangka-sangka. Ia jualan produk B pada awalnya untuk memenuhi penghasilan karena yakin B bakal laku. Pada kenyataanya  B kurang laku, ia pun coba menjual produk A dan C. Tanpa diduga, ternyata C laku keras, dan akhirnya masalah keuangan terpenuhi dengan menjual produk C yang sebelumnya tidak dia duga laku.


Lalu, apa hubungannya sama KREATIVITAS yang ada di judul tulisan ini?

Definisi KREATIF menurut KBBI adalah: 
memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan

Daya cipta ini tidak terbatas pada pekerja seni dan desainer saja. Tapi juga bidang lain.
Seorang Dokter menemukan cara baru untuk penyembuhan dan engineer menciptakan teknologi baru, merupakan kreatifitas.


Kalau anda sedang melakukan proses kreatif yang terdiri dari
1. IDENTIFIKASI MASALAH/ KEBUTUHAN
2. PEMECAHAN SOLUSI/ PENGELUARAN IDE
3. SOLUSI AKHIR

maka ingat pada proses mencari Pemecahan Solusi,  ada proses yang namanya Brainstorming, yang bertujuan untuk mengeluarkan segala macam ide untuk menyelesaikan masalah/kebutuhan tersebut. Pada proses ini kita tidak boleh berfikir bahwa ide-ide yang dikeluarkan baik yang paling realistis hingga ide konyol tidak akan berhasil. Seperti gambar C. misalnya kita mengeluarkan Ide A, B, C, maka setiap ide memiliki kemungkinan untuk menjadi solusi.dan pada tahap akhir,akan dipilih ide terbaik.





Di beberapa kasus terjadi, bahwa ide yang pada awalnya dianggap konyol, justru malah berhasil. Nah dari sini saya berpendapat, proses kreatif ini khususnya brainstorming, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan solusi/rezeki "dari arah yang tidak disangka-sangka" dari Allah. 

Maka dari itu, saya berkesimpulan bahwa, menjadi KREATIF itu apakah memang perintah dari Allah swt secara tersirat ya? 

Wallahualam. mudah2an nangkep maksud tulisan saya.

(mohon maaf kalo ada salah tafsir :D)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Camp On Farm : Melihat Langsung Proses Pengolahan Biji Kopi

Berawal dari sebuah obrolan singkat dan diajak oleh seorang teman, saya memutuskan untuk mengikuti acara  Camp on Farm yang diadakan  Agritektur (sebuah komunitas yang concern di bidang pangan. CMIIW ) . Camp on Farm telah diadakan beberapa kali sebelumnya dengan mengunjungi berbagai lokasi pengolahan bahan makanan. Kini Camp on Farm yang  diadakan pada tanggal 21-22 Juni 2014 mengunjungi sebuah Kebun Kopi di Gunung Puntang, Jawa Barat. Melalui acara ini kita diajak untuk melihat secara langsung proses pembuatan kopi dari mulai pemetikan hingga penyajian di atas meja makan. Sebetulnya saya bukan seorang Coffee Geek yang tau mana bedanya kopi enak dan enggak (wawasan saya cuman luwak white coffe aja haha). Namun, berlandaskan keingintahuanlah yang membuat saya ikut. Hari I  Setelah sekitar 2 jam perjalanan dari Bandung menggunakan minibus, kami disambut oleh beberapa orang yang tergabung dalam koperasi bernama Klasik Beans Cooperative . Dan ternyata koperasi yang beranggotaka

Belajar Leadership dari “Band of Brothers”

Leadership (kepemimpinan) menjadi salah satu topik yang gw perhatikan sejak sekitar 5 tahun terakhir. Sebetulnya mungkin jauh sebelum itu. Alasan gw tertarik bukan karena gw tipikal “ leade r banget” gitu, tapi justru gw defaultnya kurang banget jiwa kepemimpinannya. Karena itu gw selalu coba belajar untuk bisa meningkatkan kapasitas kepemimpinan gw. Tiba-tiba timbul pertanyaan dalam otak gw, kapan ya gw mulai tertarik, atau setidaknya aware bahwa ada topik atau ilmu soal leadership ? TK, SD rasanya gw gak banyak terpapar karena gw gak ikut paskibra dan sebagianya. Paling sempet tahu sedikit kalau bokap gw memimpin perusahaannya sendiri. Terus juga paling gw sempet inget gw pertama kali jadi pemimpin upacara adalah saat SD. Atau tahu kalau tim bola ada kaptennya. Tapi tetap gak ngerti esensinya.  Setelah gw inget-inget lagi, kayaknya gw mulai aware sekitar SMP. Bukan dari kegiatan sekolah, bukan dari buku, tapi dari mini-series yang gw tonton, yaitu “Band of Brothers” .  Bagi pecint

MEMPERTAJAM KONSEP DESAIN DENGAN DESIGN REQUIREMENT & CONSTRAINT (DRC)

Catatan: Bukan tulisan ilmiah. Jadi mungkin gak valid buat bahan referensi karya tulis ilmiah Masih perlu dilengkapi sumber referensi                                     Pengaplikasian teori pada tulisan ini sangat kondisional, tergantung jenis produk, kondisi perusahaan dan lain-lain. Mungkin dalam kondisi tertentu keseluruhannya bisa dilakukan, atau sebagian saja. Sebagai sebagai desainer (khususnya desainer produk) mungkin anda pernah mengalami situasi kebingungan ketika anda ditugaskan oleh atasan/klien anda untuk mengembangkan suatu produk tanpa arahan yang jelas, umumnya arahannya hanya "buatin dong konsep desain yang bagus yang keren", "buatin dong desain yang bisa laku dipasar"dan sebagainya. Akibatnya, desain yang diinginkan tidak memiliki arah yang cukup jelas sehingga desainer menjadi terlalu "liar" dalam membuat konsep dan mungkin terjebak dalam eksplorasi bentuk dan sketsa saja. Akibatnya, desain dari sejak konsep me