Langsung ke konten utama

Music In My Life (Part 1 : Masa SD-SMA)

Sejak kecil gw pernah nyoba berbagai hobi, seperti sepakbola, bikin film, Bahasa Inggris dsb. Tapi dari semua itu mungkin hanya 1 yang gw masih gw lakuin sampai sekarang, yaitu musik. Karena itu gw mau sedikit cerita tentang musik di dalam hidup gw. Musik menjadi bagian penting hidup gw. Gw merasa banyak hal yang terbentuk di diri gw karena belajar musik. Gw bakal bahas perjalanan bermusik gw dari TK sampai sekarang, cita-cita bermusik dan hal-hal lainnya.(berasa bikin otobiografi)

MASA TK-SD (1993-2001)
Interaksi dengan musik mungkin dimulai ketika kecil sering diputerin papah di Kaset dan CD lagu-lagunya The Beatles, Queen, Koes Plus, Chrisye dll. Ketika itu musik belum menjadi ketertarikan gw. Di sekolah pun, eskul musik bukan menjadi pilihan gw. Sampai ketika kelas 4 SD, orang tua gw “mencekoki” gw untuk les organ (electone) di Yamaha Pusat Jakarta. Bagi yang belum tahu, Electone kerap disebut Organ, alat musik electronik yang terdiri dari Upper Keyboard, Lower Keyboard dan Pedal Bass. Gede beudh alatnya. Gw inget banget, ketika pertama kali les, gw takut dan malu bukan main. Nolak-nolak terus. Sampai mamah bilang “udah coba sekali aja dulu. Kalau gak suka ya gak usah dilanjut”. Jadilah gw dateng ke tempat les dianter orang tua. Gw inget waktu itu gurunya namanya Kak Eka. Setelah les pertama itu, gw gak terlalu inget gimana, tapi ya sepertinya gw akhirnya tertarik dan memutuskan untuk ngelanjutin les itu sampai kelas 3 SMA. Gw latihan dirumah menggunakan electone jadul punya nenek gw. Les organ dimulai dari yang paling sederhana hingga makin kompleks secara bertahap. Dari mulai mainin tangan kanan aja (Upper Keyboard) untuk main melodi, kemudian mulai pake tangan kiri juga (Lower Keyboard), sampe kaki untuk mainin Pedal Bass dan pengatur volume  dan switch suara . Lesnya berjenjang beberapa tingkat. Di tiap akhir tingkat (biasanya 1 tingkat 1 buku) maka diadakan ujian kenaikan tingkat. Selain pelajarin lagu les, gw juga mulai kelas 5-6 SD, gw pun mulai denger-dengerin lagu pop Indonesia seperti Dewa, Sheila on 7, Padi dan musisi lainnya. Ada masanya gw sangat terobsesi dengan mereka. Role modelnya, Gw pengen banget bisa jadi kayak Ahmad Dhani, Keyboardist, Komposer Lagu, dan bisa Nyanyi juga. Lagu Dewa pun mulai bisa gw ulik berbekal kemampuan pendengaran dan buku partitur lagu Pop.

Manggung pertama gw adalah ketika ada konser student Yamaha (lupa kelas berapa). Gw manggung dalam tim Ansambel beberapa pelajar Electone memainkan lagu “Putri Dalam Cermin”-nya Sherina. Gw inget, beberapa hari menjelang manggung takut banget. Pas naik panggung gemeteran banget . Tapi alhamdulillah berbekal beberapa kali latihan maka bisa manggung cukup oke. Ini mungkin jadi pertama kalinya tampil bermusik di depan banyak orang. Gwng, foto-foto dari kamera orang tua gw raib entah kemana. Kemudian manggung berikutnya adalah saat perpisahan SD. Gw dipilih jadi pemain keyboard pada Band perpisahan angkatan gw. Kami main 2 lagu, yaitu “Selamat Jalan Guruku” (Cover dari lagu “Selamat Jalan Kekasihnya Rita Effendy”) dan lagu “Kasih Tak Sampai” nya Padi (dengan beberapa perubahan lirik lagu). Manggung di acara tersebut cukup puas, bandnya rasanya dulu solid banget, latihannya maksimal, orang tua dan guru pada takjub ngelihat kami bisa nge-band kayak gitu. Ini pertama kalinya manggung dalam format full band.

MASA SMP (2001-2004)
Masuk SMP, gw masih lanjutin les. Karena sudah naik tingkat, maka referensi musiknya pun mulai beragam. Mulai mainin sedikit nuansa Jazz, Classic, Blues dan sebagainya. Bokap gw waktu itu juga beliin electone yang baru karena mungkin ngeliat gw lumayan tekun bermusiknya.  Masa SMP ini seinget gw sempet manggung di Yamaha lagi. Kali ini solo, main lagunya Chrisye “Cintaku”. Kaki gw gemeteran mas bro!! haha. Tapi itu pengalaman deh pertama kali solo dan main lagu pop. Seru sih.

Pas SMP ini gw makin banyak variasi lagu yang gw dengerin berkat kakak gw yang rajin beli kaset dan cd macem-macem. Di masa itu juga, kakak gw punya usaha bikin cd kompilasi sama temen-temen di SMA nya dengan fitur “Burn” dari komputer. Karena itu list lagu di komputer juga banyak banget. Gw mulai dengerin lagu-lagu Pop Indonesia lainnya seperti Ari Lasso, Gigi, Jamrud, Ada Band dan sebagainya. Lagu-lagu pop barat juga mulai dengerin, biasanya dari album “The Best of……” macam The Moffats, Hanson, Coldplay, Westlife, Robin Williams, dsb.

Kalau di sekolah gw inget ada guru gw bernama pak Tukul, dia suka ngajak murid2nya main musik. Beberapa kali dia suka bawa keyboard ke kelas buat latihan musik, dan gw disuruh main didepan kelas. Pernah 2 kali diajak beliau untuk jadi pengisi acara bareng temen gw di acara Purnabakti guru-guru SMP41. Kalau gak salah main “Cinta kan Membawamu Kembali” nya Dewa dan “Satu yang Tak Bisa Lepas” nya Reza Artamevia.

Dunia nge-band di SMP, gw sebetulnya merasa kehilangan temen-temen Band waktu SD, karena gw masuk ke SMP 41 Ragunan, Jakarta Selatan sendiri. Temen gw yang lain masuk SMP 115 dan SMP lainnya disekitaran jakarta selatan-pusat. Mungkin gw doang yang sekolah di Jakarta pinggir. Tapi disini gw nemu temen-temen ngeband gw yang baru. Gw dan beberapa temen gw sering nyewa studio sekadar buat gumbrang gambreng gak jelas. Sempet juga diajak senior sekolah gw yang gabung sama seorang angkatan gw yang drummer untuk ngeband main lagunya Ada Band yang “Masih Ada” dan lagu Weezer yang mana gitu. Tapi seinget gw gak pernah manggung beneran sama band ini. Sepertinya pas kelas 3 gw mulai beneran manggung ngeband lagi. Yaitu di acara sekolah, kalau gak salah Hari Ulang Tahun SMP 41 sekadar main Keyboard dan 2 temen gw nyanyi. Main lagu “Sekali ini Saja” nya Glenn Fredly dan “Tak Mungkin Melepasmu” nya Dygta. Pas perpisahan SMP kami pun akhirnya main lagi. Main 2 lagu tadi sama temen gw yang sama. Tambah satu performance lagi, nge band, pake drum, bass dan keyboard aja. Kami main “Cant take my eyes off you” dan “Tak mungkin melepasmu” versi band. Lumayan puas juga karena mainnya asik. Rasanya masih ada rekaman videonya.

Jaman SMP masih didominasi ngulik lagu-lagunya Dewa (sampai album pertama), Ari Lasso, dan Glenn Fredly. Ketiga musisi ini pernah gw tonton live konsernya. Yang pertama, gw tonton pas konser tunggal Dewa, yang openingnya Ari Lasso, full pakai orkestra (lupa tahun brp). Tapi itu keren banget! Pengalaman pertama kali nonton konser. Berkesan banget. Yang kedua, gw nonton Dewa di pensi nya kakak gw di SMA 8, yaitu GALA. Kalau Glenn gw juga nonton di acara yang sama, tapi pre-event-nya. Mungkin karena itu, akhir SMP gw masih punya cita-cita jadi musisi.

MASA SMA (2004-2007)
Masa SMA, gw keterima di SMA 28 Pasar Minggu, Jakarta. Di awal SMA, bokap gw beliin keyboard PSR 1500, karena tahu gw suka ngeband, supaya gampang dibawa pas ada acara-acara (Masih dipake sampai sekarang). Di sekolah ini pengalaman bermusik gw lumayan banyak nambah. Pertama, referensi gw jadi lebih luas, tapi masih di lagu-lagu pop Indonesia sih kebanyakan. Gw mulai dengerin lagu-lagunya Kahitna, Kerispatih, RAN, The Groove dan sebagainya. Mulai mempelajari Pop-Fusion. Kedua, Gw mulai sering diajak manggung di acara-acara Classmeeting, atau akhir semesteran (biasanya ada panggung). Udah ngerasain manggung dari yang paling asik, paling gak asik sampai biasa-biasa aja. Paling gak asik kalau soundnya jelek, gw nya lagi gak mood atau chemistry ngebandnya kurang asik mainnya. Pernah juga ikut event-event musikalisasi puisi dan audisi band.

Ada 4 panggung yang paling berkesan. Yang pertama adalah ketika ikut dalam performance Kolaborasi di Unit Kesenian. Performancenya gabungan dari Teater, Vokal Group dan Band. Latihannya benar-benar serius dan persiapannya cukup lama. Pas hari H, performancenya diadakan 2 sesi. Gw sampai ngebatalin rencana ikut naik gunung sama Bokap, kakak dan sepupu gw karena acaranya udah deket hari H. Entah karena fokus latihan, begonya gw lupa ngundang orang tua untuk nonton. Gw inget, pas pulang dijemput nyokap. “abis ngapain?”, “tadi ada manggung ma, kolaborasi”. “loh kok gak ngundang mama?”. Begitulah, padahal temen-temen gw pada ngundang orang tua.


Yang Kedua adalah ketika ditunjuk untuk wakilin sekolah untuk ikut lomba pada acara televisi “Di Ancol Gitu Loh”. Acara nya lomba antar SMA gitu, ada lomba ketangkasan di kolam renangnya Ancol dan Lomba Band. SMA gw lawan SMA AL-Azhar mana gitu kalau gak salah. Waktu itu saya ikut di kategori Band nya, salah satunya mainin lagu “Mars Slankers” kalau gak salah. Gw gak inget-inget banget, tapi seru juga manggung di Ancol.


Yang Ketiga, pernah ditugasin sekolah juga untuk jadi pengisi acara pada sebuah lomba di gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ) (sekarang Bursa Efek Indonesia). Formatnya Akustikan Keyboard dan 2 penyanyi cewek main "Hero" nya Maria Carey, dan satu lagu lagi lupa.  Sebetulnya biasa aja sih, tapi ya kapan lagi bisa manggung di kantor-kantor penting gitu wakilin sekolah hehe.

Yang Keempat adalah, Prom Night. Gw main di 2 band. Di band pertama, gw cuman bantuin 1 lagu “Kemenangan Cinta” nya Yovie Widyanto. Pada band ke 2, kami main lagu “Disco Lazy Time” nya Nidji (yang sekarang vokalisnya udah jadi politikus PSI) dan “You’re My Everthying” nya Glenn Fredly. Temen-temen gw yang nonton pada enjoy banget ikut nyanyi bareng dan sedikit joget. Pas penutupan, sampe disuruh naik dan mainin lagu yang sama lagi. Seru banget!

Diluar sekolah, pengalaman yang menurut gw baru banget adalah ketika diajakin bikin band yang cukup serius sama temen SMP gw. Bandnya namanya "Splendid". Band bergenre pop-rock ini arahnya mau recording. Mereka udah punya beberapa materi lagu. Gw nambahin bagian keyboard-piano nya. Di band ini gw mulai dapet berbagai pengalaman seperti bagaimana membuat lagu, recording digital di studio dan pengalaman audisi untuk masuk ke album kompilasi. Single kami yang berjudul “Tlah Usai” kami lolos di album kompilasi tersebut bersama band-band indie lainnya. Acara launching nya diselenggarakan disebuah hotel, kami pun tampil membawakan lagu tersebut. Kaset dan CD nya sempat dijual dibeberapa toko musik. Selain single tersebut, beberapa lagu lainnya sempat direkam untuk ditawarkan ke beberapa label rekaman meski belum berhasil diterima (jaman itu, Internet belum meluas dan industri musik masih pake cara lewat label). Oh iya, bersama band ini sempet juga manggung di konser “Soundrenaline” di Ancol. Kebetulan ada om gw kerja di production house penyelenggara konser tersebut. Jadi kami dimasukkin di slot-slot awal. Lumayan Dapat kesempatan manggung di acara gede kayak gitu. "Karir" gw bersama band ini berhenti diakhir SMA karena gw keterima kuliah di FSRD ITB Bandung.

Oh iya, Masa SMA juga masa dimulai gw nyoba bikin lagu sendiri. Berbekal pengalaman dari recording digital bersama band Splendid, gw mulai ngulik cara digital recording menggunakan “Adobe Audition”. Dari Keyboard, Guitar dll langsung ke Komputer. Gw mulai nguliknya juga bikin sequence drum dengan software Guitar Pro.  Selain itu ya jadi belajar juga gimana ngetake rekaman,mixing dan bikin komposisi lagu.
Di jaman SMA ini gw mulai banyak ngulik lagunya Kahitna dan Kerispatih. Dewa waktu itu mulai agak meredup. Jadinya udah gak terlalu ngerole modelin Ahmad Dhani, tetapi Yovie Widyanto dan Badai Kerispatih jadi role model gw saat itu. Akhir SMA juga masih ada cita-cita menjadi musisi seperti dua keyboardist-composer favorit gw tersebut.

Oh iya, pas kelas 3 SMA ini juga gw berhasil menamatkan les organ gw sampai tingkat yang ,kalau gw memutuskan lanjut, gw masuk "Teacher Class" untuk dipersiapkan jadi guru-guru Yamaha (Gw gak lanjut karena kuliah ke Bandung). Gw mengucapkan perpisahan sama guru gw yang telah berjasa melatih organ gw sejak kelas 5 SD, namanya kak Roger Pasaribu. Dia menggantikan kak Eka, guru organ pertama gw. Thank you kak Roger!





Gladiresik acara Kolaborasi Seni


Manggung di Prom Night

Foto Perpisahan dengan guru les gw, Kak Roger. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Camp On Farm : Melihat Langsung Proses Pengolahan Biji Kopi

Berawal dari sebuah obrolan singkat dan diajak oleh seorang teman, saya memutuskan untuk mengikuti acara  Camp on Farm yang diadakan  Agritektur (sebuah komunitas yang concern di bidang pangan. CMIIW ) . Camp on Farm telah diadakan beberapa kali sebelumnya dengan mengunjungi berbagai lokasi pengolahan bahan makanan. Kini Camp on Farm yang  diadakan pada tanggal 21-22 Juni 2014 mengunjungi sebuah Kebun Kopi di Gunung Puntang, Jawa Barat. Melalui acara ini kita diajak untuk melihat secara langsung proses pembuatan kopi dari mulai pemetikan hingga penyajian di atas meja makan. Sebetulnya saya bukan seorang Coffee Geek yang tau mana bedanya kopi enak dan enggak (wawasan saya cuman luwak white coffe aja haha). Namun, berlandaskan keingintahuanlah yang membuat saya ikut. Hari I  Setelah sekitar 2 jam perjalanan dari Bandung menggunakan minibus, kami disambut oleh beberapa orang yang tergabung dalam koperasi bernama Klasik Beans Cooperative . Dan ternyata koperasi yang beranggotaka

Belajar Leadership dari “Band of Brothers”

Leadership (kepemimpinan) menjadi salah satu topik yang gw perhatikan sejak sekitar 5 tahun terakhir. Sebetulnya mungkin jauh sebelum itu. Alasan gw tertarik bukan karena gw tipikal “ leade r banget” gitu, tapi justru gw defaultnya kurang banget jiwa kepemimpinannya. Karena itu gw selalu coba belajar untuk bisa meningkatkan kapasitas kepemimpinan gw. Tiba-tiba timbul pertanyaan dalam otak gw, kapan ya gw mulai tertarik, atau setidaknya aware bahwa ada topik atau ilmu soal leadership ? TK, SD rasanya gw gak banyak terpapar karena gw gak ikut paskibra dan sebagianya. Paling sempet tahu sedikit kalau bokap gw memimpin perusahaannya sendiri. Terus juga paling gw sempet inget gw pertama kali jadi pemimpin upacara adalah saat SD. Atau tahu kalau tim bola ada kaptennya. Tapi tetap gak ngerti esensinya.  Setelah gw inget-inget lagi, kayaknya gw mulai aware sekitar SMP. Bukan dari kegiatan sekolah, bukan dari buku, tapi dari mini-series yang gw tonton, yaitu “Band of Brothers” .  Bagi pecint

MEMPERTAJAM KONSEP DESAIN DENGAN DESIGN REQUIREMENT & CONSTRAINT (DRC)

Catatan: Bukan tulisan ilmiah. Jadi mungkin gak valid buat bahan referensi karya tulis ilmiah Masih perlu dilengkapi sumber referensi                                     Pengaplikasian teori pada tulisan ini sangat kondisional, tergantung jenis produk, kondisi perusahaan dan lain-lain. Mungkin dalam kondisi tertentu keseluruhannya bisa dilakukan, atau sebagian saja. Sebagai sebagai desainer (khususnya desainer produk) mungkin anda pernah mengalami situasi kebingungan ketika anda ditugaskan oleh atasan/klien anda untuk mengembangkan suatu produk tanpa arahan yang jelas, umumnya arahannya hanya "buatin dong konsep desain yang bagus yang keren", "buatin dong desain yang bisa laku dipasar"dan sebagainya. Akibatnya, desain yang diinginkan tidak memiliki arah yang cukup jelas sehingga desainer menjadi terlalu "liar" dalam membuat konsep dan mungkin terjebak dalam eksplorasi bentuk dan sketsa saja. Akibatnya, desain dari sejak konsep me